Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

18 Tips cara promosi yang benar di Instagram untuk mendongkrak bisnismu

 Instagram adalah aplikasi media sosial yang tidak pernah sepi selama 24 jam. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis di era digital.

Di dalam bisnis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Antara lain tempat, harga, produk yang ditawarkan, dan yang tidak kalah penting adalah bagaimana cara promosinya.

Cara promosi di Instagram 2020

Instagram menjadi salah satu tool paling populer untuk saat ini. Hampir setiap orang punya akun instagram, dan ini jadi peluang promosi yang menjanjikan.

Terutama buat para pelaku bisnis, promosi adalah langkah paling penting untuk menawarkan produk kepada konsumen.

Karena sebaik apapun produk, jika belum dikenal khalayak, akhirnya pasti tidak laku.

Oleh karena itu, cara promosi yang baik menjadi penting. Salah satunya menggunakan jejaring media sosial Instagram.

Banyak diantara pelaku bisnis, terutama yang masih awam, belum bisa memaksimalkan promosi yang efektif dan efisien di Instagram.

Banyak yang hanya asal unggah foto, tak jarang captionnya pun berantakan. Bikin tertarik pun tidak, justru pengen langsung direport karena ganggu.

Oleh karena itu, sebelum melakukan promosi di Instagram, ada baiknya perhatikan elemen-elemen penting promosi di Instagram berikut ini :

A. Akun

1. Buatlah akun khsusus untuk mempromosikan brand

Tidak disarankan menggunakan akun pribadi sekaligus untuk promosi brand. Mungkin tidak jadi masalah jika kamu seorang public figure.

Tapi jika kamu masih seorang amatiran, itu terlalu berisiko. Orang-orang akan menganggap bisnismu itu hanya sampingan dan tidak terlalu penting.

2. Buatlah akun Instagram bisnis
Kenapa harus menggunakan akun Instagram bisnis ? Lantas apa bedanya dengan akun Instagram personal ?

Di dalam akun Instagram bisnis terdapat fitur yang tidak dimiliki oleh akun personal biasa, diantaranya :

Akun Instagram bisnis memiliki fitur kontak, alamat, kategori bisnis. Selain itu kamu bisa mengetahui sebaran informasi tentang jumlah pengikut,jenis gender, usia, jumlah like dan komentar, bahkan mengetahui kiriman yang disimpan oleh pengunjung profil.

Data-data tersebut akan sangat berguna untuk menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif kedepannya.


B. Profil

1. Foto profil
Gunakan foto profil yang menggambarkan bisnismu. Pakai foto profil yang tidak ramai, sederhana, simpel, agar familiar dan mudah diingat,

2. Deskripsi Bio
Paparkan secara ringkas. Apa bisnismu ? Apa keuntungannya ? dan kenapa harus dipertimbangkan ?

3. Sertakan kontak
Kontak akan menambah kepercayaan pelanggan. Jangan menaruh nomor kontak atau email yang sulit dihubungi.

4. Taruh link
Kalau punya situs atau blog, sertakan saja. Gunakan situs yang masih relevan dengan bisnis. Atau taruh link yang menuju pada postingan terbaik milikmu.

5. Sertakan partner bisnis
Sertakan akun dari partner bisnis, apalagi kalau partner bisnisnya sudah kredibel dan dikenal luas. Tentu akan meningkatkan brand milikmu.

6. Jangan di privasi
Namanya juga akun marketing, akan lucu bila diprivacy. Buat semudah mungkin, agar calon pelanggan bisa mengakses semua postinganmu.

7. Agar lebih menarik, tambahkan juga Info promosi dan Event.


C. Konten

1. Foto & video

Foto dan video adalah elemen paling penting untuk promosi di Instagram. Tahu kan, ada ribuan foto dan video yang tersebar di IG. Jadi, Pastikan foto dam videomu unik dan mencuri perhatian.

Buatlah calon pelanggan ingin mencari tahu lebih banyak tentang bisnismu.  Kamu dapat mencantumkan data valid dalam bentuk foto atau video yang menarik.

Data tersebut misalnya kisah sukses seseorang, screenshot pendapatan, atau testimoni yang menceritakan kelebihan produk/ jasamu.

Ingat, pastikan datamu valid, agar pelanggan makin percaya dan tidak merasa ditipu.

2. Caption

Buatlah caption atau deskripsi menarik yang menjelaskan keandalan/ keuntungan apa yang bisa didapat kalau mengikuti bisnismu.

Perhatikan pada tiap paragraf. Jangan menulis terlalu panjang agar pembaca tak jenuh.

Untuk menghindari paragraf yang berantakan. Pastikan Instagram mu sudah mendukung fitur spasi ( Enter ke bawah). Jika belum, kamu bisa pakai fasilitas di pretty-caption.com untuk merapikan caption.

3. Hashtag

Meski ditaruh di bawah, hashtag memiliki peran penting. Keuntungan memasang hashtag antara lain:

- Inventarisasi foto/video
- Memudahkan calon pelanggan menemukan bisnismu melalui kolom pencarian.

Note :

Buat hashtag yang masih berkaitan dengan bisnis. Jangan memasang terlalu banyak hashtag, apalagi tidak ada relevansinya. Karena nanti postinganmu akan dianggap sebagai SPAM.


Tips promosi produk / jasa di Instagram

Cara promosi jitu di Instagram

Promosi di Instagram tidak boleh dilakukan asal-asalan. Agar promosimu efektif dan memberi hasil positif, alias laku.

Berikut ini ada panduan dasar menggunakan Instagram untuk promosi bisnis.

#1. Tentukan segmen pasar

Buatlah data pasar sebelum mempromosikan bisnismu. Tidak perlu yang rumit, cukup petakan saja apa jenis bisnismu dan cocok untuk siapa.

Ada dua kelompok besar segmen pasar :

Pertama, segmen pasar umum. Kamu dapat mengelompokkan berdasar usia, lokasi, dan preferensi perilaku mereka.

Kedua, segmen pasar khusus. Adalah kelompok target pasar yang sudah kamu kenal. Segemen ini bisa teman-temanmu, keluarga, atau partner bisnismu.

Untuk membuat segmen pasar umum kamu juga dapat memanfaatkan jasa facebook ads. Panduan menggunakan Facebook ads akan kita bahasa pada artikel berikutnya.

#2. Maksimalkan penggunaan Hashtag

Selain untuk inventarisasi foto dan video, penggunaan Hashtag juga untuk membangun jaringan komunitas.

Misal bisnismu adalah produk kecantikan kulit untuk wanita. Pastinya ada ribuan hashtag yang berkaitan dengan jenis produk tersebut bukan ?

Itulah yang disebut jaringan komunitas. Karena itu jangan asal-asalan memberi hashtag yang tidak ada kaitannya dengan bisnis. Karena  akan tidak tepat sasaran pada target pasar.

#3. Pakai strategi lama

Yakni meninggalkan komentar. Tulislah komentar pada akun postingan yang punya relevansi dengan bisnismu. Jangan asal berkomentar dimana-mana. Tentu kamu sendiri sadar hal itu bisa jadi blunder. Membuat orang tidak nyaman, bahkan bisa jadi memblokir akunmu.

#4. Berinteraksi dengan akun lain

Akan sangat sulit jika bisnis dijalankan seorang diri. Kamu perlu membangun kerjasama, saling percaya dengan orang lain.

Buatlah jaringan bisnis yang luas. Saling memberi dukungan antar akun bisnis yang relevan atau yang saling melengkapi. Selain murah atau malah bisa gratis, juga meningkatkan peluang keberhasilan satu sama lain.

Misal, bisnismu produk kecantikan, maka akan relevan menjalin kerjasama dengan akun bisnis kesehatan kulit.

#5. Lihat keberhasilan bisnis tetangga

Evaluasi yang menjadi sebab mengapa bisnis terhambat atau bahkan stag. Apa karena unggahan foto video yang membosankan ? Terlalu biasa ? Terlalu formal ? Dan lain-lain.

Ingat, Copy paste strategi bisnis adalah hal yang wajar. Kita perlu belajar dari yang sudah berhasil.

#6. Paid Promote

Cara ini memang membutuhkan sedikit modal. Teknisnya kamu membayar orang lain untuk mempromosikan bisnismu di akun Instagramnya.

Cara ini cukup baik dan bisa dicoba. Tinggal, pilah saja sekiranya siapa yang bisa kamu jadikan partner bisnis. Pastikan dia memiliki kredibilitas dan sudah dikenal khalayak.

#7. Memberi Give away

Cara yang terakhir ini juga membutuhkan sedikit modal. Namun feedback yang diperoleh bisa lebih besar dari apa yang dikeluarkan.

Buat saya pribadi cara ini adalah yang paling mengena dan ampuh. Selain bisa promosi bisnis, cara ini juga meningkatkan antusiasme calon pelanggan pada produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Give away bisa berupa barang fisik atau non fisik. Pada intinya adalah untuk menyenangkan pelanggan.

Setelah membaca panduan promosi di Instagram di atas, semoga kamu sudah ada gambaran harus bagaimana untuk mempromosikan bisnismu.

Pada Artikel berikutnya kita akan membahas mengenai promosi melalui Facebook ads, Instagram bisnis dan teknik marketing lainnya.

Semoga Bermanfaat.

Posting Komentar untuk "18 Tips cara promosi yang benar di Instagram untuk mendongkrak bisnismu"