×

ini lo bisnis online yang beneran menghasilkan uang

Bisnis online - Memulai bisnis online dengan modal minim atau bahkan nyaris tanpa modal sebenernya sesuatu yang real alias mungkin.

Caranya bagaimana ? 

Banyak ceruk bisnis yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis. Bahkan untuk seorang pemula sekalipun. 

Bisnis online memang menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang. Alasannya beragam, namun yang jelas, bisnis online lebih hemat biaya. Alias minim risiko pengeluaran.

Sebanding dengan hal tersebut, yang namanya bisnis, jika peluang keuntungannya tinggi, maka semakin besar pula risiko yang dihadapi. 

Begitu juga untuk bisnis online, bisa dibilang risikonya kecil, karena memang cenderung tidak langsung besar hasilnya.

Andai mau berusaha dan memaksimalkan peluang, tidak menutup kemungkinan akan maksimal hasilnya.


Kita bicara realistis, sejak tahun 2009 ketertarikan saya pada bisnis online sudah muncul. Tetapi mau dikata apa, memang sulit dan butuh kegigihan yang besar.

Ada banyak bisnis online yang DULU pernah saya coba, dan kurang berhasil. Diantaranya, PTC, shortener, Adsense dan Trading.

Saya cukup maklum, diusia sekolah dengan modal komputer warnet, adalah hal yang cukup sulit untuk konsisten menekuni bidang-bidang tersebut. Apalagi kita tahu, besaran income untuk PTC atau PPC di Indonesia terbilang paling rendah.

Tujuan saya bercerita bukan untuk meruntuhkan semangat kawan-kawan yang ingin memulai bisnis online. Saya hanya ingin memberi gambaran konkret bahwa tidak mudah untuk menekuni bidang ini.

Walaupun demikian, semakin berkembangnya era digital, muncul alternatif bisnis yang lebih banyak untuk dipilih. Bisnis-bisnis tersebut pun menurut saya lebih logis dan bisa ditekuni, Antara lain :

A. Jualan Online (Dropshiper & Reseller )

Kebutuhan manusia selalu berubah dan cenderung meningkat. Inilah peluang usaha yang dimanfaatkan oleh pebisnis untuk mengeruk keuntungan. 

Berjualan online bisa jadi pilihan bisnis online yang real mendatangkan laba, dengan metode :

1. Menjadi Dropshiper

Artinya kamu hanya menjadi perantara untuk menjualkan produk milik orang lain. 

Keuntungannya, kamu tidak perlu repot untuk urusan  penyediaan produk, packing, sampai biaya kirim.

Tugas utama Dropshiper adalah membangun jaringan dan mencari konsumen baru. Bila ada order, kamu cukup menghubungi suplier dropship untuk mengirimkan barang dengan atas namamu. Jadi akan terlihat keren kan ?

Kekurangan yang ditemui di pekerjaan ini, bila ada kecacatan produk, atau kesalahan kirim, maka pihak yang disalahkan tentu si nama pengirimnya, alias dirimu, sekalipun produk tersebut langsung dari suplier. 

Pertimbangan bisnis ini, menurut saya sangat menjanjikan apalagi untuk dirimu yang masih single. Karena tentu memiliki jaringan pertemanan yang lebih luwes dan luas. 

Walaupun demikian, usaha bisnis online ini juga cocok untuk orang rumahan, seperti ibu rumah tangga. Bisnis ini memiliki waktu yang lebih fleksibel, bisa sambil nyantai dan nyaris tanpa modal.

Tantangannya, adalah mencari suplier yang kredibel, amanah dan memiliki integritas yang baik. 

Saat ini untuk Mendapatkan Market place juga lebih mudah, banyak alternatif platform untuk berjualan, seperti Bukalapak, Tokopedia, OLX dll.

2. Reseller

Emang apa bedanya dropshiper dan reseller ?

Tentu ada bedanya. 

Jika menjadi Dropshiper, kamu tinggal masarin produk, ketika ada yang minat, tinggal nerusin informasi order ke suplier. Suplier yang akan ngurusi produk, packing sampai ke tangan konsumen tapi atas namamu.

Berbeda dengan dropshiper, ketika menjadi Reseller kamu perlu memiliki stock barang terlebih dahulu. Loh emang kenapa harus gitu ?

Tujuannya biar si reseller memiliki produk dengan margin jual beli yang lebih besar, jadi keuntungannya juga lebih besar, tapi risiko rugi atau tidak laku juga ditanggung dia sendiri. 

Kalau dropship kan cuma atas nama dan harga jual pun sudah ditentukan suplier. Sedang reseller kudu punya stock, dan dia bisa dapat harga barang yang jauh lebih murah dari suplier, jadi bisa dijual dengan harga lebih tinggi. Jadi margin untungnya bisa dibilang lebih besar reseller daripada menjadi Dropshiper.

Nah itulah dua jenis jualan online yang menurut saya lebih masuk akal, alias real datengin duit, daripada ngeklik iklan gak jelas.... hehe.

Bisa dicoba kan ? Mulai aja dulu hehe

B. Bisnis Online Melalui Blogging

Jenis bisnis online ini memang susah-susah gampang. Bisa jadi gampang kalau kamu memang punya minat nulis lalu di monetisasi kalau udah banyak pengunjung atau pembaca. 

Bisa jadi sulit, kalau kurang sabar. Jadi buat kamu yang berharap dapat uang cepet dari blogging, saya sarankan stop aja baca artikel ini, dan seriusin aja dua peluang bisnis di atas hehe.

Tapi buat kamu yang memiliki minat untuk mencoba dan belajar, maka tidak ada salahnya untuk membaca artikel dibawah ini. 

Berikut ini beberapa cara memperoleh pendapatan yang bersumber dari blog :

1. Adsense
Kalau di blog ini memang belum terpasang adsense, bukan karena apa-apa. Tapi biar lebih simpel dan jujur saya lebih menyukai bisnis jualan daripada adsense hehe.

Tapi sebenarnya apa itu adsense ? Adsense adalah program kerjasama periklanan melalui jaringan internet yang disediakan oleh google, dan memungkinkan kita untuk memperoleh pendapatan sesuai banyaknya iklan yang diklik oleh pengunjung.

Kenapa adsense sangat diminati ? Jelas, Karena ini milik google, kredibel dan terbukti membayar.

Kekurangannya, sampai artikel ini ditulis, memang masih cukup sulit untuk bisa diterima di program adsense, dengan ragam alasan. 

Diantaranya karena trafik blog yang masih rendah, konten yang kurang diminati, atau artikel yang terindikasi hasil copas, melanggar hak cipta dll.

Satu lagi, untuk blog dengan traffic minim, mungkin hasil pendapatannya juga cenderung minim. Itu aja intinya....

2. Pasang iklan

Bisnis online yang satu ini cukup realistis dan mendatangkan uang. Caranya cukup mudah, kamu hanya tinggal menyediakan space kosong di websitemu untuk dipasang pemilik iklan.

Biasanya publisher memiliki standar harga yang berbeda. Beda ukuran iklan menentukan tingginya tarif pemasangan iklan per periode tertentu.

Untuk bisnis ini, tantangan nyatanya ialah kamu perlu memiliki sebuah blog atau website yang memiliki trafik tinggi. 

Logikanya, advertiser tentu lebih menyukai menempatkan iklan di blog yang banyak didatangi pengunjung, jadi peluang iklannya dilirik juga lebih tinggi.

Peluang : Agak sulit untuk pemula, tapi tidak menutup kemungkinan berhasil untuk dicoba. Dengan syarat, kudu sabar membesarkan dan membangun website.

C. Afiliasi
Afiliasi adalah bisnis yang memberi kesempatan pada pihak kedua untuk menyebarluaskan link, tautan atau ulasan yang menuju pada produk tertentu.  

Tujuannya agar terjadi transaksi, entah pembelian atau pemakaian jasa. 

Jadi setiap transaksi yang terjadi melalui link referalmu, kamu berhak memperoleh komisi dengan besaran tertentu.

Peluang : Cukup menjanjikan untuk kamu yang memiliki jaringan luas. Misalnya kamu aktif di grup FB dan sejenisnya. 

Teknisnya, kamu cukup membujuk rayu orang lain agar mau menuju link tertentu, dengan harapan adanya kegiatan transaksi melalui link tersebut.

Itulah sedikit cara dari buanyaknya cara bisnis online. Saya sengaja tidak menulis semua karena sudah banyak yang mengulasnya. 

Titik berat dari artikel ini adalah pengalaman dan sudut pandang pribadi saya mengenai bisnis-bisnis onlinetersebut sebagai pelaku aktif.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberi gambaran mengenai bisnis online untuk kawan semua. Terimakasih.