Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masih perlukah membuat website untuk bisnis ? Baca ini

Masuknya dunia ke era digital banyak merubah segala sisi kehidupan. Termasuk perkembangan bisnis dan keuangan. Bisnis dan keuangan tidak bisa dipisah, ibarat pintu tentu perlu kuncinya. 


Oleh karena itu, mengikuti perubahan zaman di era digitalisasi hukumnya menjadi wajib. Tidak ada satupun perusahaan profit oriented yang bergerak tanpa bisnis profesional.

Hasilnya bisa dipastikan tidak berkembang dan tidak kompetitif.

Dewasa ini, segala macam hal di lingkungan bisnis dipaksa untuk bersinggungan dengan komunikasi global berupa jaringan internet.  

Perubahan gaya komunikasi virtual ini, telah menghilangkan sekat antar perorangan, kelompok dan antar bisnis yang selama ini berjarak.

Salah satu tool yang marak dipakai adalah penggunaan sistem informasi komunikasi dalam bentuk website.

Jadi, apakah perlu membuat website untuk bisnis ?

Berikut ini alasan-alasan yang perlu kamu pertimbangkan.



1. Website akan meningkatkan branding bisnismu

Sama seperti halnya sebuah produk, hal pertama yang dilihat pembeli adalah "keyakinan". Maksudnya ialah seberapa pantas produk tersebut untuk didapatkan.

Kadang pembeli memiliki sisi unik, selain harga, branding yang ditangkap baik juga menjadi pertimbangan.  Katakanlah bisnis milikmu sudah dikenal luas, tentu ini akan mempermudah meningkatkan branding dari produkmu.

Beda dengan bisnis rintisan atau yang masih pemula. Branding adalah "topeng" yang wajib terllihat baik oleh konsumen.

Website bisa menjadi salah satu alternatif meningkatkan branding bisnismu. 

Caranya ? 

Tentukan prioritas targetmu, segmen pasar, harga, standar kualitas, dan/ atau kompetitor, kemudian terapkan strategi branding dengan promosi melalui website. 

Promosi secara online akan menjadi solusi efektif. Bayangkan jika bisnismu masih rintisan, pasti akan cukup sulit mengharapkan umpan balik dari konsumen haya melalui promosi offline.

2. Website perlu untuk bisnis, karena bisnis adalah sebuah tren

Pada mulanya bisnis adalah "seni" yang menggabungkan beragam teknik untuk mendatangkan keuntungan dengan efektif dan efisien.

Selain keuntungan, tujuan dari bisnis adalah untuk menciptakan value atau nilai. Value atau nilai adalah sesuatu yang dipandang baik, penting dan berdampak positif bagi konsumen dan para pelaku bisnis.

Value memiliki kaitan dengan tren yang sedang bergerak. Konsumen menjadi semakin terbuka dan kritis. Banyak media yang bisa dipakai untuk memberi penilaian pada produk, jasa, layanan, dan itu berdampak pada bisnis yang terkait.

Karena itu mengikuti perkembangan tren adalah langkah bijak, untuk menyesuaikan diri pada pola sosial yang ada sekarang. 

"Jangan sampai bisnismu dipandang mati hanya karena tak pernah tersentuh mesin pencari ".

3. Secara teknis, website menghemat biaya pengeluaran

Bagi sebagian pebisnis awam, membuat website dikira rumit dan mahal. Oleh karena itu, penting untuk memahami hal berikut ini.

Pertama, tidak ada namanya bisnis tanpa modal. Artinya seminimal apapun jumlah modalmu, untuk memperoleh hasil maksimal, tetap butuh pengorbanan. Entah waktu, tenaga, atau dana.

Kedua, platform bisnis offline memiliki pengaruh yang agak sulit diukur. Misal indeks ketertarikan, jumlah viewer, ulasan dan backlink terhadap bisnis tersebut. Andai mau mengukurnya, butuh pengeluaran untuk riset dsb.

intinya, tidak ada yang terbilang mahal untuk memperoleh profit maksimal. Artinya ketrampilan mengelola modal dan penerapan strategi yang pas adalah "Tantangannya".

Kalau mau hitung-hitungan, biaya untuk mengelola dan membuat website tidak semahal jika dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan untuk melakukan promosi secara offline, misalnya melalui iklan di tv, koran, media cetak dan lainnya.

Ditambah lagi, saat ini menjadi semakin mudah untuk membuat website bisnis. Banyak jasa penyedia pembuatan webiste bisnis sesuai paket yang kamu butuhkan.

4. Promosi bisnis lebih mudah, efektif dan efisien

Sudah disinggung di atas, promosi dengan cara konvensional (lama) membutuhkan lebih banyak biaya dan tenaga.

Misalnya promosi lewat iklan di koran, di tv, atau dengan brosur di jalan yang juga butuh biaya cetak dan biaya untuk penyebaran.

Memanfaatkan website untuk mempromosikan bisnis, memiliki keuntungan tersendiri diantaranya :

a. Tidak rumit, lebih hemat, hanya membutuhkan domain dan hosting

Membuat website untuk bisnis tidak semahal yang dibayangkan. Terutama untuk pebisnis pemula yang belum terlalu kuat keuangannya. 

Niagahoster, IDwebhost Adalah diantara beberapa penyedia jasa pembuatan website terpercaya dengan harga yang cukup terjangkau.

b. Tepat sasaran

Artinya kamu bisa mempromosikan bisnis sesuai target pasar yang diinginkan. Ada beragam jenis website dengan style, fitur dan keunggulan yang mendukung bisnismu.

Apalagi saat ini sebagian besar website sudah support mobile friendly dan responsif. Jadi akan lebih mudah diakses oleh konsumen.

c. Mempermudah konsumen, akan meningkatkan repeat order 

Salah satu kelemahan promosi offline ialah sulitnya komunikasi dua arah. 

Fitur chat online dan costumer support adalah kelengkapan penting di bisnis modern.

Kedekatan konsumen dan penyedia bisnis akan meningkatkan branding positif, dan ini bisa meningkatkan kredibilitas brandingmu.

d. Umpan balik akan meningkatkan perbaikan

Jaringan online memiliki kelebihan pada kecepatan akses dan interaksi. Kita semua tahu,  70% dari bisnis adalah komunikasi dengan konsumen.

 Bayangkan, jika informasi mengenai brandingmu stag atau "mandek", karena lambat menangani kritik dari konsumen.  Ini bisa menjadi poin negatif yang mengurangi kredibilitas bisnismu.

e. Inovasi melawan kompetitor

Tidak ada bisnis tanpa branding promotion strategy. Artinya, bisnismu akan semakin ketinggalan dari kompetitor jika tidak mengikuti tren zaman saat ini.

Membuat website untuk bisnis adalah salah satu inovasi terbaik untuk menampilkan keunggulan kompetitif mu.

f. Membangun jaringan business to people

Menurut saya, Strategi bisnis paling humanis adalah memanfaatkan psikologi dari konsumen. 

Banyak kita temui perusahaan-perusahaan besar menggelar event kemasyarakatan. 

Tujuannya ? 

Ada yang mengaitkan ini dengan CSR dan sejenis itu. Tapi tetap saja, business is business.

Website bisa menjadi tools paling murah yang mampu "menciduk" psikologi konsumen, dengan slogan, motto, unggahan gambar, event sosial, hadiah dll.

Kesimpulan

Membuat website untuk bisnis adalah pilihan tepat untuk kamu yang ingin memanfaatkan website sebagai tempat berjualan, promosi atau mengulas produk dan jasa.

Selain sebagai "lapak", website bisa menjadi tools yang akan mempermudah mendekatkan bisnismu kepada konsumen.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Masih perlukah membuat website untuk bisnis ? Baca ini"