Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat konten yang menarik dan bermanfaat di blog

Sedolar.com - Setelah kamu berhasil membuat blog. Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan konten atau artikel untuk di-posting di blog.

Buat kamu yang belum tahu bagaimana cara membuat blog, silahkan baca artikel saya yang ini : Panduan lengkap membuat blog untuk pemula.

Atau jika blogmu masih memakai ekstensi blogspot.com, dan ingin merubahnya ke domain . Com. 

Silahkan baca artikel yang satu ini, cara custom blogger dari blogspot ke . COM

Kembali ke topik, untuk membuat konten blog yang bermanfaat dan menarik, sebenarnya apa yang dibutuhkan ? 


Banyak lo blogger yang asal tulis hanya untuk mengisi blognya. Tapi tidak memenuhi hal wajib dalam postingan.

Apa itu ?

Untuk membuat Konten blog yang bermanfaat, baik dan menarik paling tidak harus memenuhi 5 ciri ini, antara lain :

1. Judul konten yang menarik


Judul adalah hal pertama yang dilihat oleh orang. Logikanya buat apa susah-susah membaca isi kalau judulnya saja udah jelek.

Optimalkan dengan baik ketika membuat judul. Salah satu tipsnya ialah posisikan dirimu sebagai pembaca, tulislah kalimat yang seakan memberi harapan dan pemecahan masalah dari apa yang sedang pembaca cari.

Contoh judul yang biasa :

" Cara cepat membaca jurnal penelitian "

Akan lebih menarik diubah sbb.
" Langsung paham, trik cepat kuasai jurnal "

Buatlah kalimat judul yang menarik dan memberi arti mendalam, tetapi jangan terlalu panjang ya.

Biasanya judul yang terlalu panjang malah memberi kesan ngawur dan mentah.

2. Gunakan bahasa yang lugas

Gencarnya arus informasi semakin menggeser cara orang dalam berkomunikasi. Tidak terkecuali juga gaya penulisan di blog.

Dewasa ini, pembaca lebih menyukai gaya penulisan yang lebih lugas, seperti sedang mengobrol dengan kawan. Bukan gaya intelektual yang justru membuat pembaca cepat bosan.

Tips menulis lugas tapi enak dibaca :

" Jangan terburu-buru ngetik "

Hanya itu tipsnya, terkadang penulis sangat tidak sabaran ingin segera  nyelesein artikel. Padahal ini bisa membuat blunder. Tulisan yang grusa-grusu biasanya akan berasa mentah.

Menulislah dengan santai, sambil ngopi atau rebahan. Yang penting pikiran sedang relax dan tidak terburu-buru.

3. Membuat kalimat pembuka yang menarik

Trik mudah untuk membuat kalimat pembuka yang menarik :

Kamu bisa memulai dengan sebuah pertanyaan kepada pembaca. Atau yang sering digunakan para blogger, ialah menulis kutipan yang berkaitan dengan  topik. Entah kutipan blogger lain, hasil riset, tokoh dll.

4. Jangan asal menulis tanpa riset

Hal pokok yang wajib dipahami penulis ialah bisa memberi solusi atas pemecahan masalah dari pembaca. 

Tidak mengapa jika kamu hanya bisa menulis seminggu sekali, atau bahkan sebulan sekali. Yang paling penting adalah kualitas dari artikelmu, kedalaman materi dan manfaat apa yang bisa kamu tawarkan kepada pembaca.

Riset kata kunci, apakah masih perlu ?

Saya sendiri bukan pakar SEO, tetapi fakta data menjelaskan, bahwa tingginya pencarian pada kata kunci tertentu memang menjadi ceruk topik yang menarik dan paling banyak dibutuhkan pembaca.

Artinya pembaca membutuhkan sebuah pemahaman yang mendalam dari kata kunci tersebut. Tugas para blogger lah untuk menyediakan bacaan yang berkualitas.

5. Membuat blog gado-gado bukanlah solusi

Banyak blogger pemula yang terjebak dengan topik gado-gado alias campur aduk. 

Menulis artikel blog dengan banyak ulasan memang akan terlihat beragam dan banyak.  Tapi coba kawan telaah baik-baik, apa bedanya blog gado-gado dengan situs berita ?

Jangan nyesel ya kalau nanti blog gado-gado seperti ini akan tergilas oleh situs berita besar yang saat ini memang merajai kata kunci pencarian di google.

Saya pribadi juga tidak terlalu meminati ragam topik, alasannya :

- Membingungkan
- Tidak fokus
- Tidak profesional mendalami topik 
- Sulit meningkatkan personal branding blog
- Segmentasi pembaca jadi tidak jelas


Itu dari sudut pandang saya ya, kalau kawan-kawan punya pendapat lain tentu tidak mengapa. Karena banyak juga blog dengan ragam topik yang berhasil, walaupun sangat jarang dan memang sulit.

Tidak mengapa bila jarang update artikel, yang penting setiap artikel yang di publikasikan bisa memberi arti dan menjadi identitas menarik dari blogmu.

Artinya pembaca bisa memahami kemana arah dari blog mu ini. Fokus pada topik, sehingga segmentasi pembaca juga akan lebih jelas.

6. Maksimalkan visual gambar

Membaca artikel panjang tanpa jeda akan membuat pembaca jenuh, capek. Begitu juga melihat artikel tanpa visual gambar.

Jangan pernah lupa untuk memberi visualisasi dari topik atau bahasan di tiap postingan, agar pembaca bisa lebih memahami isinya.

Itulah beberapa tips membuat konten blog yang bermanfaat dan menarik. Selain memudahkan pembaca memahami isi artikel , membuat konten blog yang bermanfaat juga sangat disenangi oleh mesin pencari alias seo friendly.

Dapat untung lebih bukan ?

Jadi mulai sekarang, cobalah menulis, jangan terburu-buru, santai tapi mendalam. Walaupun lama, tidak mengapa. Semua butuh belajar dan itu wajar.

Semoga artikel ini bermanfaat....