Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips sukses interview kerja untuk pemula

Tips interview untuk pemula -  Sukses sebuah karir dimulai dari berhasilnya melalui interview. Bagi pemula,  perasaan grogi saat mengahadapi interview adalah wajar.

Akan tetapi ada baiknya jika mempersiapkan diri dan memahami apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum menghadapi interview.

Interview pemula

Bagi seorang profesional pun terkadang masih mengahadapi kendala ketika interview apalagi untuk pemula.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu cermati agar interviewmu berhasil, dan terhindar dari kesalahan yang tidak perlu.

1. Riset dan cari tau informasi perusahaan

Mencari tau mengenai perusahaan adalah hal wajib sebelum datang interview. Kamu bisa Googling, tanya teman yang sudah bekerja disana bila ada, atau stalking di website perusahaan. Hal ini agar kamu lebih percaya diri dan paham seperti apa profil dari perusahaan.

Jangan sampai ketika ditanya hal mendasar sperti "Apakah Anda mengetahui tentang perusahaan kami ? " .  Kamu jawab tidak jujur alias ngawur, tentu pasti diketahui oleh HRD.

HRD menyenangi job seeker yang punya persiapan. Setidaknya kamu tau di perusahaan apa dan di posisi mana akan bekerja.

2. Maksimalkan penampilan 

Cobalah untuk merapikan penampilan dihari interview. Kenakan pakaian yang rapi, sudah disetrika, rambut tertata dan kalau bisa pakailah parfum untuk menyamarkan bau badan.

Jangan lupa untuk ramah senyum dan tidak terlalu kaku. Sapalah HRd dengan senyum tulus dan ramah. Ketika hendak duduk pun mintalah ijin terlebih dahulu, jangan duduk bersandar atau membungkuk. Itu memberi kesan malas dan menjadi nilai minus.

3. Komunikatif lakukan kontak mata 

Lakukan kontak mata dengan HRD, berikan kesan bahwa kamu percaya diri. Sampaikan jawaban pertanyaan dengan mantap, tanpa melebih-lebihkan.

4. Ceritakan secara detail tentang dirimu 

Tips bagi pemula yang baru menghadapi interview, salah satunya adalah jangan sekali-kali memberikan jawaban yang kesannya menjilat.

Beri jawaban yang objektif tentang diri kamu. Jangan terlalu singkat, tapi Jangan pula dilebih-lebihkan, sampaikan dengan percaya diri bahwa kamu antusias dengan pekerjaan ini. Perhatikan juga nada suara agar tidak terlalu tinggi, jadi kesannya tidak sombong.

Sampaikan jawaban yang padat tidak berbelit. Namun ingat, jangan terlalu singkat. Yakinkan HRD bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk posisi tersebut.

5. Persiapkan jauh-jauh hari 

Perhatikan tanggal kamu akan interview. Jangan sampai ada cerita telat dihari pertama interview. Hal itu selain merugikan dirimu sendiri. Juga memberi kesan malas.

Hal lain yang juga penting adalah meminta restu dan doa pada orang tua.

#Penting :

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Bila seandainya gagal pada interview ini, jangan pernah sekali-kali merasa bodoh atau hancur. Ingat, kamu hanya belum cocok dengan perusahaan ini. Semua orang punya keunikannya tersendiri.

Semoga diberi kemudahan dan berhasil. Tetap semangat dan sukses selalu.

Posting Komentar untuk "Tips sukses interview kerja untuk pemula"